11 Juli 2014

Isi Liburan Dengan Mencari Ikan

    Jumat, Juli 11, 2014  

SuaraBojonegoro - Berbagai cara dilakukan oleh anak anak, dalam mengisi kegiatan saat liburan sekolah, salah satunya adalah membantu para orang tua mereka menjaring ikan di Sungai Begawan Solo, saat kondisi air sungaimulai surut di musim kemarau ini.

Selain menjadi liburan tersendiri, kegiatan ini juga bisa membantu orang tua mereka mendapatkan penghasilan tambahan bagi.

Sepertiyang terjadi di SungaiBegawan Solo, tepatnya di desa Leran Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, anak anak ini tampak senang dan gembira dipinggiran sungai Begawan Solo bersama orang tua mereka.

Farid bersama Anak anak lainnya sejak liburan sekolah sambil bermain bersama memilih membantu orang tua mereka menangkap ikan disungai Begawan Solo Bojonegoro.

“Kami senang bermain di sungai Begawan Solo sambil mencari ikan bersama bapak, karena tidak ada kegiatan lain,” Kata Farid.

Orang tua anak anak ini memang sengaja memanfaatkan surutnya air sungai begawan Solo dengan menangkap ikan menggunakan jaring, karena biasanya akan ada banyak ikan yang berada di Sungai saat musim kemarau dan mudah di tangkap.

Dengan dibantu anak anak mereka, para orang tua ini menjadi nelayan sungai Begawan Solo Musiman, dan ikan yang dapat di tangkap diantaranya adalah ikan bader, ikan wader Ikan Cendil, dan lainnya. Dari hasil tangkapan ikan ikan yang didapat nantinya dijual ke warga yang lain dengan harga Rp. 5 ribu perkilonya, “nanti ikan ini kita jual ke warga yang mau,” Papar Supardi (49) Salah satu orang Tua Anak anak.

Para orang tuapun membiarkan anak anak mereka membantu menangkap ikan disungai Begawan Solo, karena dari pada hanya bermain, menangkap ikan juga melatih jiwa semangat anak anak, untuk lebih punya jiwa kerja sama.

“Karena menarik jala kan perlu kebersamaan, jadi anak anak ini bisa berlatih kebersamaan dengan teman yang lainnya, untukmendapatkan hasil yang baik,” Terang Supardi. (Sylvia)

© 2018 SeputarBojonegoro.comDesigned by Bloggertheme9