25 Desember 2023

Pemerintah Desa Prayungan Studi Tiru Pengelolaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Oro Oro Ombo Kota Batu Malang

    Senin, Desember 25, 2023  


Reporter :
Afif Fuad H.


SeputarBojonegoro.com - Pemerintah Desa Prayungan kunjungan dan studi tiru dan bimbingan teknis Pengembangan dan Pengelolaan Desa Berbasis masyarakat dan potensi lokal bertempat di Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu Kabupaten Malang.  


Dalam acara tersebut, selain Pemdes Oro Oro Ombo selaku tuan rumah sekaligus Narasumber, juga dihadiri peserta dari Pemerintah desa Prayungan yang meliputi Kepala desa beserta perangkatnya, Ketua BPD Arif Chomaidi beserta anggotanya, PLD desa Prayungan Syaifullah, RT, RW, PKK, Polindes Prayungan, Komandan Linmas Ahmad Muis, Ketua Karang Taruna masing masing sektor wilayah medalem dan Prayungan serta Kepala PAUD dan TK.


Rombongan diterima baik sekali oleh Bapak Wiweko Kepala Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu Kota Batu.


Kepala Desa Prayungan, Lely Yusliani, S.I.P, menyampaikan terimakasih banyak atas kesediaan waktunya Pemdes Oro Oro Ombo yang sudah memberikan kesempatan untuk menimba ilmu di Desa tersebut.


“Terimakasih atas kesempatan dan waktunya Pak Kades, kami kesini dengan tujuan menimba ilmu dari desa njengan, tujuan studi tiru kali ini terlaksana dalam rangka memberikan dukungan kepada perwakilan dari rombongan agar lebih tergugah, termotivasi untuk dapat belajar, menerapkan serta meniru keberhasilan yang telah dicapai oleh Desa mpandiri di Batu," katanya.


Mbak Lely panggilan akrabnya Kades Prayungan, mengajak peserta untuk menggali ilmu dari pemateri, terutama dalam sektor pembangunan ekomomi sehingga dapat diterapkan dan diditiru untuk kemajuan di desanya.



"Mari kita gali potensi kemajuan desa oro oro ombo, kita ikuti bersama pemaparan yang disampaikan Bapak Kades desa ini, sehingga kita dapat meniru, mencontoh dan kita mendengan seksama, semangat Pemdes Prayungan untuk terus berbenah, berkembang menjadi lebih baik lagi."



"Dengan maju dan berkembangnya pembangunan di Desa prayungan mampu membangkitkan, mendongkrak ekonomi dan kesejahteraan warga Prayungan," Pungkasnya.



Adapaun, Kepala Desa Oro Oro Ombo Batu Kota Batu Wiweko menyambut dengan baik atas kedatangan rombongan dari Pemdes Prayungan.



"Selamat datang Bapak Ibu, terimaksih atas kedatangannya di desa kami. Saya rasa setiap desa itu sama, namun saya rasa ujung tombak keberhasilannya itu tidak hanya tanggung jawab pemerintah, namun masyarakat pun wajib bekerjasama dan bahu-membahu untuk mencapai keberhasilan pada kebijakan pemerintah," jelasnya.




Kades yang menjabat tiga prioee ini menyampaikan materi keterkaitan dengan visi misi desa oro oro ombo.



"Dalam membangun desa, kami menerapkan sesuai visi misi kami, Visi Desa Oro Oro Ombo terintegrasi dengan visi Kota Batu sebagai Kota wisata, yakni

'Bersatu bersama menuju Oro Oro Ombo yang makmur dan sejahtera', Maka diperlukan upaya upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi tersebut yakni dengan Menginventarisir kembali Kekayaan Desa, utamanya Tanah Kas Desa, Melakukan optimalisasi pengelolaan Tanah Kas Desa, Mengembangkan Pariwisata Yang Berbasis Pertanian, Mengadakan Pelatihan Pelatihan Guna Peningkatan SDM, Menjalin komonikasi antar masyarakat dengan Pemerintah Desa agar terjadi sinergi Pembangunan Desa, Meningkatkan peran serta perempuan dalam pembangunan dengan melibatkan perempuan dalam setiap kegiatan di Desa, Meningkatkan transparansi pengelolaan anggaran dengan sosialisasi kebijakan anggaran pada masyarakat, Meningkatkan kualitas sarana dan akses jalan guna mendukung perekonomian masyarakat." Terangnya.



Perlu diketahui, kegiatan studi banding ini di ikuti 58 orang, dilaksanakan pada, Sabtu sampai Minggu (23-24/12/2023).


Dengan dipandu Brigade Adventure, sebuah anak  Perusahaan dari PT. PESONA DHARMA NUSANTARA yang bergerak di bidang jasa pariwisata Baik dalam maupun Luar negeri, Event Organizer, Outbond, Parenting, Capacity Building, LDKS, Studi Tiru , Kunjungan Industri, Glamping  Camp dan Ground yang berlokasi di Dsn. Sadang kidul RT.11 RW.05 DS.Butoh Kec.Sumberrejo Kab. Bojonegoro Kode pos. 62191. [red]

© 2018 SeputarBojonegoro.comDesigned by Bloggertheme9